website tracking Delapan Tips Cara Menghemat Kuota Internet Saat Tethering ke Laptop Anda - teknologmuda.com

Delapan Tips Cara Menghemat Kuota Internet Saat Tethering ke Laptop Anda

Delapan Tips Cara Menghemat Kuota Internet Saat Tethering ke Laptop Andateknologmuda.comHay sahabat semuah kembali lagi dengan saya admin di sini saya akan membahas mengenai Sebuah 8 cara menghemat kuota internet waktu berselancar memakai Tethering berasal dari HP android atau iphone dengan Metered Connection dan Trik- triknya

Sebelumnya, Jika anda berminat ingin membeli buku, bisa kunjungi toko buku saya di shopee di link berikut ini

Pernahkah nggak anda nghabiskan kuota internet yang banyak ketika berselancar di internet memakai laptop yang terkoneksi Wifi Hotspot / Tethering HP Android? Supaya tiap tiap kali laptop anda mengakses dengan Wifi Android, maka dengan cepat akan menghabiskan banyak kuota internet dan kelanjutannya jadi boros kuota internet.

Jika anda terhitung orang yang mengalami persoalan ini, Gara-gara beberapa besar pengguna laptop lain yang berselancar di internet dengan mengandalkan koneksi Wifi mengeluhkan kasus yang mirip pada paket internet kartu pra bayar mereka.

Semuanya mengeluhkan kuota internet jadi cepat habis walaupun tidak melaksanakan unduhan arsip berukuran besar.

Cara Menghemat Kuota Wi-fi saat Tethering ke Laptop

Bisa saja cara ini merupakan metode yang belum banyak diketahui oleh pengguna laptop, bahkan laptop Windows 10, yaitu dengan cara mengaktifkan fitur ‘Metered Connection’ pada jaringan Wifi yang tengah kami gunakan.

Metered Connection adalah fitur yang Microsoft untuk cara menghemat kuota yang ada pada perangkat Windows 8 dan Windows 10 dengan tujuan sehingga koneksi internet bisa digunakan hanyalah untuk membuka hal primer saja dan memutuskan sambungan internet untuk akses ke aplikasi, Windows Update, tampilan tile Menu Start, dan aplikasi bawaan Windows lainnya yang terjadi secara otomatis pada latar belakang platform.

Oleh dikarenakan itu, apabila fitur metered Connection Ini diaktifkan, maka koneksi internet pengguna akan fokus pada akses yang tengah digunakan saja. Misal jika kami tengah browsing melacak surat keterangan makalah di internet, maka koneksi internet tidak akan digunakan untuk melaksanakan update aplikasi atau update platform windows lainnya dan sekedar membolehkan koneksi browser yang tengah digunakan.

Dengan begitu, kuota internet yang anda gunakan untuk Wifi Tethering tidak akan cepat habis disebabkan oleh platform yang berlangsung dan membuka ke internet di background platform, jikalau jika anda laksanakan unduhan atau streaming video di dalam jangka pas yang lumayan lama.

Cara Mengaktifkan Metered Connection

1. Cara Pertama

– Klik pada tanda WiFi di bagian taskbar sebelah ikon baterai atau ikon lainnya (taskbar sudut kanan bawah).

– Setelah itu, klik Properties pada koneksi WiFi yang sedang kamu gunakan.

– Maka kamu akan dialihkan ke jendela menu Setting WiFi yang terhubung dengan laptop Windows 10.

– Kemudian hidupkan tombol yang ada di bagian bawah Set as metered connection dari yang tadinya Off ubah menjadi On.

2. Cara Kedua

– Klik ikon Settings pada Menu Start Windows atau dapat juga dengan cara menekan kombinasi tombol keyboard Windows + I.

– Pada pilihan menu Settings, klik pada pilihan Network & Internet.

– Kemudian pilih tab menu Wi-Fi lalu klik jaringan WiFi yang terhubung dengan laptop kamu.

– Skrol ke bagian bawah lalu hidupkan tombol yang ada di sebelah Set as metered connection dari yang tadinya Off ubah menjadi On.

Nah, bagi kamu yang masih banyak menghabiskan kuota internet dan mau hemat kuota meski dipakai tethering, bisa terapkan beberapa tips berikut ini, ya.

1. Matikan Pembaruan Windows di Laptop

Biasanya windows 10 akan otomatis jalankan pembaruan ketika membuka ke internet. Bukan tidak barangkali, hal ini akan menguras kuota internet lebih banyak. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya matikan pembaruan itu selagi selagi atau dipause.

Carnya yakni dengan mengakses menu ‘Star’ yang ada pada laptop atau komputermu, ketik ‘Control panel’ di kolom search. Sesudah itu pilih ‘System and security’ yang berada di urutan paling atas, lanjut gulir ke bawah dan pilih ‘Administravite tools’ lantas klik ‘Services’.

Pilihlah windons update berasal dari lebih dari satu list yang muncul, ubah opsi ‘Starup model’ jadi ‘Disable’. Terkahir, anda tidak klik ok lalu restart deh laptop atau komputermu.

2. Mengaktifkan Fitur Power Save pada Ponsel

Sehingga ekonomis kuota internet, anda bisa mangaktifkan fitur power save pada ponselmu. Didalam fitur ini, anda bisa mengatur data internet yang digunakan. Misalnya 5 atau 10gb. Atau bisa juga dengan mengatur di jangka selagi tertentu.

Gimana caranya? Enteng banget, loh. Anda tinggal masuk ke menu ‘Setting’ pilih ‘Tethering and portable hotspot’. Lantas cari menu ‘Portable wifi hotspot setting’, lalu ubah ‘Power save’ jadi satuan pas. Atur sesudah itu klik ok.

3. Beralih ke Browser yang Menghemat Kuota

Tak hanya Google Chrome, anda juga bisa pakai Opera pada laptopmu. Namun untuk Chrome, sebelumnya anda mesti mengatur plugin jadi click to run only.

Di pojok atas Chrome, pilih menu ‘Setting’ sesudah itu pilih opsi ‘Show advanced setting’, klik ‘Privacy’. Lantas sesudah itu, atur dan pilih ‘Do not show any images’ di menu ‘Content setting’.

4. Membatasi Kapasitas Data yang Digunakan

Anda juga bisa membatasi kapasitas data yang digunakan. Pengaturan ini akan memicu internet otomatis terputus jika telah mencapai batas akses yang sudah ditetapkan. Caranya dengan masuk ke menu ‘Setting’ pada ponsel, sesudah itu pilih’data usage’, lalu aktifkan ‘Set mobile data limit’. Atur dan ubahlah batas angka disesuaikan yang anda butuhkan.

5. Menonaktifkan Cloud di Google Drive ataupun Dropbox

Cloud merupakan teknologi yang mengizinkan pengguna untuk terhubung data mereka lewat komputer dengan akses internet.

Mengapa perlu menonaktifkan fitur ini kala kala? Dikarenakan could lumayan banyak memakan kuota, terlebih jika datanya punya ukuran yang memadai besar. Makanya, saat matikan pernah cloud-nya baik yang pakai Dropbox atau Google Drive.

Untuk menonaktifkan dropbox, anda mesti masuk ke aplikasi, sesudah itu klik ‘Setting’ di bagian kanan atas, dan pilih ‘Pause syncing’. Sedangkan untuk Google Drive, buka aplikasi versi dekstop, klik ikon titik tiga di pojok kanan tas, dan pilih opsi ‘Pause’.

6. Pintarlah Dalam Melakukan Browsing

Paling akhir, tidak cuman menerapkan cara di atas, anda juga mesti pintar-pintar selagi berselancar di internet. Sebab banyak sedikitnya kuota yang dihabiskan ketika tethering itu tergantung pada situs atau content yang dibuka. Hindarilah streaming video layaknya Youtube dan streaming musik di Souncloud.

Dan jika anda puas mengakses suatu web site, pilihlah web site yang memang punya page gampang dan tidak banyak konten flash dan gambar, dikarenakan itu terlampau menguras kuotamu

Akhir Kata..

Demikian pembahasan  yang bisa admin sampaikan semoga artikel ini bisa bermanfaat, sekian dan terimakasih

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.