website tracking Waspada! Daftar Makanan Ini Bisa Menyebabkan Batu Ginjal, Apa Saja Makanan Itu? - teknologmuda.com

Waspada! Daftar Makanan Ini Bisa Menyebabkan Batu Ginjal, Apa Saja Makanan Itu?

Waspada! Daftar Makanan Ini Bisa Menyebabkan Batu Ginjal, Apa Saja Makanan Itu?teknologmuda.com – Batu ginjal adalah endapan kecil, keras dari garam korosif dan mineral yang terbentuk di ginjal. Biasanya akan menyebabkan penderita merasa tersiksa saat buang air kecil.

Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh karena salah satu fungsinya adalah untuk menjaga sistem ekskresi dan menyalurkan darah.

Menurut pakar Ema yang dilansir di kanal Youtube pribadinya, ada beberapa makanan penyebab batu ginjal. Untuk mengetahuinya, terlebih dahulu kita harus mengetahui jenis-jenis batu ginjal.

1. Batu Kalsium

Pakar Ema mengatakan, makanan penyebab batu ginjal adalah makanan yang tinggi kalsium dan vitamin D.

Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa penyebab batu ginjal yang berbeda adalah makanan yang tinggi natrium dan natrium, seperti makanan asin seperti keripik, makanan berkualitas rendah dan mie instan.

Dimana makanan ini tinggi sodium atau tinggi kadar garamnya bisa meningkatkan pengeluaran kalsium dan menyebabkan batu ginjal.

Ia juga menyebutkan bahwa makanan yang tinggi protein dapat menyebabkan tubuh menjadi asam dan menurunkan pH urin.

Jadi untuk menghindari semua itu, itu sampai membatasi asupan vitamin D, natrium atau makanan asin, dan mengonsumsi makanan berprotein tinggi dengan sedikit pembatasan.

2. Batu Kalsium Oksalat

Batu kalsium oksalat terjadi jika kita terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung oksalat seperti kentang, kacang-kacangan, biji-bijian, kedelai, bayam, terong, labu kuning, coklat, jeruk dan suplemen kolagen.

Selain itu, makanan dan minuman yang mengandung oksalat tertinggi adalah teh hitam dan asam L-askorbat. Selain itu, dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen asam L-askorbat tidak melebihi 1000 miligram setiap hari.

Ada juga obat yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena dapat meningkatkan oksalat dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan batu ginjal. Dengan cara ini, disarankan untuk mengonsumsi obat-obatan dengan dosis yang tepat.

3. Batu Kalsium Fosfat

Makanan dan minuman yang mengandung fosfat diketahui dapat menyebabkan risiko batu ginjal. Makanan dan minuman ini termasuk minuman bergelembung hitam, keju, makanan cepat saji, daging merah, dan produk susu.

Dimana makanan ini aman untuk ginjal jika dikonsumsi dengan sedikit pembatasan.

4. Batu Asam urat

Penyakit batu ginjal jenis ini biasanya disertai asam urat karena kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh.

Makanan yang tinggi korosif urat seperti ekstrak daging, minuman keras, ikan asin dan makanan laut. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan ini dengan tepat.

itulah makanan pendamping yang dapat menyebabkan batu ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan, namun jika dikonsumsi dengan tepat maka kondisi ginjal akan aman.***

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.